Sang Pencerah : Sebuah Perjuangan Dakwah

9 comments

beberapa waktu yang lalu saya silaturahim dengan temen2 teater langit dalam rangka halal bi halal. pada waktu itu ada yang bawa otak-otak bandeng,bandeng asap, bawa kue dll dan aku??hanya bawa badan saja hehehe (*ga bawa apa2 maksudnya eh eh eh)
setelah kenyang makan otak-otak bandeng, eh ada yang ngajak nonton pilm terbaru yaitu sang pencerah. awalnya sih ga mau ikut soale nontonnya jam 8 malm gitu. tapi setelah loby-loby politik dilakukan, akhirnya jadi nonton sang pencerah (langsung aku mengcancel acra resepsi nikah seseorang hehe)
dan Subhanallah, tidak rugi aku meluangkan waktu nonton bioskop dengan film sang pencerah sekalipun harus merogoh dompet dengan nominal lumayan besar...

Awal film aku melihat perjalanan KH. ahmad dahlan yang awal mulanya bernama muhammad darwis, namun setelah naik haji dapet sertifikat nama baru (kok ada ya ganti nama pak sertifikat wkwkwk)

Namun setelah melihat keseluruhan film, subhanallah, aku bisa merasakan bagaimana perjuangan dakwah yang dilakukan oleh KH. Ahmad Dahlan. Beliau berjuang untuk mengembalikan pemahaman islam seperti yang seharusnya, yang mana pada waktu itu pemahamannya sudah tercampur dengan kejawen. Maklum, lokasinya ada di jawa tengah yang sangat kental dengan islam kejawennya dan suasana keratonnya. Perjuangan dakwah yang dilakukan sangatlah berat. Hal itu diceritakan dengan :
1. langgar "KIDUL"nya yang akhirnya dirobohkan karena dianggap oleh masyarakat, tokoh setempat sebagai "kyai kafir" karena membawa pemahaman baru yang sangat asing dan aneh bahkan nyeleneh menurut pemahaman masyarakat saat itu. Pada waktu itu KH. Ahmad yang dperankan oleh Lukman Sardi mengkritik kebiasaan atau adat sesaji dll yang berbau syrik. Dan beliau juga memakai barang-barang atau benda yang kata masyarakat saat itu sebagai benda "KAFIR" karena yang membuat adalah belanda dan kroco-kroconya.
2. panggilan KH.Ahmad oleh masyarakat yang disebut KYAI KAFIR sehingga keluarga beliau, murid2 beliau dianggap kafir pula dan akhirnya dikucilkan oleh masyarakat. begitu pula ketika bliau mengembangkan sayap dakwah dengan mengajar agama islam di sebuah sekolah belanda dan beliau juga memakai pakaian layaknya orang2 belanda.blangkon, baju hem lengan panjang khas waktu itu, beskap dll.lengkap wes dia dianggap KAFIR karena menggunakan penampilan seperti orang2 yang sekolah di sekolahan belanda waktu itu.
Namun di sisi lain, KH. Ahmad Dahlan berhasil untuk membawa penampilan seorang muslim itu seharusnya rapi, tidak kumuh sehingga dari waktu ke waktu banyak murid2 yang ingin mempelajari islam lebih dalam kepada bliau.
Hingga akhirnya beliau mendirikan madrasah diniyah islamiyah namun dengan kemasan yang modern. Ada bangku, ada buku, ada papan tulis yang mana itu tidak pernah dilakukan oleh umat islam saat itu.

Saya sempat berfikir, apa yang dilakukan masyarakat termasuk para kyainya dengan "mengkafirkan" apa yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan muda waktu itu adalah sebuah tindakan yang wajar karena waktu itu masih penjajahan belanda sehingga semangat al wala` dan al bara` terhadap orang kafir sangat kuat. Namun menurutku juga tidak proporsional. ada adegan lucu dalam film itu. Ketika seorang kyai dari magelang datang ke madrasah KH. Ahmad Dahlan dan menggagap semua peralatan yang ada di madrasah itu sebagai peralatan kafir dan jika menggunakannya maka dia juga akan menjadi kafir. Namun tuduhan kyai tersebut di balik oleh Kyai Ahmad Dahlan dengan pernyataan bahwa kereta yang dipake kyai tersebut juga buatan belanda yang kafir. Akhirnya kyai tersebut tidak bisa menjawab dan pulang dengan wajah malu.

Aku banyak mengambil pelajaran dari film tersebut bahwa tidak mudah membawa masyarakat kepada kemurnian islam seperti jaman Rasulullah dulu. Terlebih jika sudah ada adat atau kebiasaan di masyarakat tersebut padahal adat tersebut melenceng dari ajaran islam yang benar. Juga bagaimana perjuangan dakwah Kyai ahmad Dahlah yang benar2 berat sehingga beliau akhirnya mendirikan sebuah pergerakan yang bernama MUHAMMADIYAH.

Mudah2an setelah ini, film2 indonesia dipenuhi dengan film2 "berkualitas", tidak hanya berkutat pada masalah cinta, pacaran, horor.
amin,

ciao.
Lanjut mbacanya gan...“Sang Pencerah : Sebuah Perjuangan Dakwah”  »»

Sekali lagi,"lelucon" yang dibuat oleh pemerintah dan kepolisian

2 comments

baru-baru ini masih segar dalam berita-berita baik media massa maupun media yang lain tentang tertangkapnya ustadz abu bakar ba`asyir dengan tuduhan yang sudah tidak asing lagi yaitu terkait tentang terorisme. Sekali lagi dunia islam, indonesia tercinta digemparkan dengan pemberitaan penangkapan orang-orang yang "dituduh" sebagai teroris. dan parahnya untuk kali ini semua ini dilakukan menjelang datangnya bulan suci ramadhan.

Tentu saja ini memancing kemarahan jama`ah pengikut ustadz abu bakar ba`asyir dan juga umat muslimin yang lain. berbagai demonstrasi menuntut atas penangkapan ustadz abu bakar ba`asyir terjadi dan beberapa hingga terjadi bentrok.

Subhanallah, ustadz yang sudah sepuh ini memang berulang kali di uji dengan fitnah-fitnah yang ditujukan kepada beliau. ana punya sebuah video yang menyatakan bahwa beliau juga tidak sepakat dengan ijtihad asy-syahid imam samudra, asy-syahid amrozi terkait jihad yang dilakukan dengan pemboman-pemboman di sejumlah tempat di indonesia. Namun ustadz abu tetap menyatakan bahwa imam samudra dan kawan-kawan meninggal dalam keadaan syahid. Apa yang sebenarnya terjadi dengan kejadian-kejadian ini??


Kalo dilihat secara sepintas, kejadian penangkapan ini sangat sarat dengan kepentingan politis dan pengalihan isu yang terjadi di indonesia. Kejadian ini terjadi berpapasan dengan akan pensiunnya Bambang Hendarso Danuri (Kapolri) yang mana bisa diindikasikan beliau ingin membuat "prestasi" sebelum beliau pensiun. kejadian ini juga terjadi ketika harga-harga bahan-bahan pokok naik, banyak kejadian gas-gas elpiji yang meledak di berbagai tempat sehingga menimbulkan kritik pedas kepada pemerintah. dan juga banyak kejadian yang lain yang membuat penangkapan ustadz abu bakar ba`asyir ini tidak bisa dikatakan sebagai kejadian "kebetulan" atau bukan sesuatu yang dikonspirasikan. Pantas saja Munarman (Sekjen FPI) memberikan analisisnya seperti yang dimuat dalam muslimdaily.net :

Dalam kesempatan konferensi pers di Markas FPI Jl. Petamburan III No. 5 Tanah abang Jakarta Pusat, Munarman yang merupakan ketua DPP FPI dan Komandan Laskar Umat Islam membeberkan sejumlah hasil investigasi yang berkaitan dengan rekayasa terorisme dan menjadikan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir sebagai korbannya.

Menurutnya ada kejanggalan dalam koferensi pers yang dilakukan oleh Kapolri dan Menkopolhukan beberapa bulan lalu tentang skema jaringan teroris yang diungkapkan sebab aktor sentral yang sesungguhnya seperti Sufyan Tsauri tidak diekspos. Ia menuturkan: “Setelah penangkapan anggota Jama’ah Ansharut Tauhid yang di Pejaten-Pasar Minggu, pada waktu itu dibuatlah skema jaringan terorisme versi polisi, salah satu yang dijadikan sentral pada waktu itu adalah yang bernama Abdul Haris yang kebetulan Abdul Haris adalah ketua JAT wilayah Jakarta, itu yang selalu disebut oleh pihak kepolisian tetapi polisi tidak pernah mengeskpos sejak tahun 2008-2010 ada seorang desertir brimob yang bernama sufyan tsauri”

Kemudian Munarman juga menjelaskan kronologis peran Sufyan Tsauri yang merupakan tokoh sentral dalam rekayasa terorisme mulai tahun 2008 hingga tahun 2010. Tercatat bahwa Sufyan Tsauri ini adalah perekrut, pelatih bahkan donatur dan penyuplai senjata kepada relawan FPI yang pada waktu itu hendak berjihad ke Gaza dan juga dalam pelatihan militer yang disponsori olehnya.

Dalam penjelasannya Tokoh Muda yang pernah masuk hotel prodeo lantaran menentang Ahmadiyah ini mengatakan; “Kalau kita ingat saat penyerangan gaza pada tahun Desember 2008-Januari 2009 FPI memberikan pengumuman untuk merekrut relawan untuk pergi ke gaza dan di Aceh serta merta pengumuman itu direspon dengan membuka pelatihan, waktu itu pelatihannya diakukan di Aceh Timur.

Pada bulan Februari anak-anak yang dilatih di Aceh, pada bulan Maret anak-anak dari Aceh dipanggil sekitar 15 orang, dibiayai di Jakarta selama satu bulan. Sufyan Tsauri dalam masa satu bulan ini mengajak pelatihan militer di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, bahkan melatih menembak dengan peluru tajam antara 40-50 butir peluru setiap kali latihan. Jadi gambar-gambar sketsa itu adalah gambar ketika latihan.

Setelah ini selesai, mulai periode Maret 2009 sampai Januari 2010 Sufyan Tsauri ini keliling bukan saja ke Aceh tapi ke pulau jawa. Misalnya pada waktu itu ia sempat ke Solo dan beberapa daerah lain. Yang aneh adalah ia menawarkan uang setiap pembukaan latihan sebesar 500 juta kepada ustadz-ustadz setempat kalau ustaz-ustadz ini mau membuka pelatihan militer. Untung saja ustadz-ustadz di sekitar Solo umumnya menolak. Tetapi rupanya ada beberapa orang yang berhasil direkrut dan dibawa ke pelatihan di Aceh. Nah, pelatihan di Aceh sebetulnya yang punya peran sentral soal uang dan segala macam senjata yang memasok sepenuhnya adalah Sufyan Tsauri, tapi sampai saat ini Sufyan Tsauri gelap dia tidak menjadi aktor sentral.”

Penangkapan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir memang terdapat banyak konspirasi. Dari mulai Densus 88 yang ingin memuaskan juragan barat bahkan tidak lepas dari politik pencitraan SBY selama ini. Karena sebagaimana kita lihat di berbagai media beberapa hari sebelum penangkan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir Presiden SBY seolah-olah meminta dikasihani dan menarik simpati masyarakat dengan mengatakan kalau dirinya menjadi sasaran target serangan teroris.

Maka wajar saja jika Pengacara seperti Munarman mengungkapkan hasil analisanya tentang penangkapan tokoh sepuh seperti Ustadz Abu Bakar Ba’asyir begitu jelas penuh dengan kezhaliman.

“dugaan kuat kita kenapa Ustadz Abu ditangkap karena ada teman-teman kita yang dipaksa membuat pengakuan dalam BAP bahwa Ustadz Abu yang membiayai ini semua. Jadi sekali lagi ini adalah rekayasa besar karena Ustadz Abu dianggap sebagai icon bagi pemerintahan SBY bahwa ia berhasil memberantas terorisme di tanah air. Dan menurut saya ini ada dua tujuan; Satu, densusnya ingin menjalankan agenda asing. Kedua, SBY memanfaatkan ini sebagai sarana bahwa dirinya sedang menjadi target. Padahal tadi saya dengar Kadiv Humas Mabes Polri yang menyatakan bahwa tidak ada bukti-bukti yang mengarah kepada SBY. Jadi pemanfaatan isu-isu terorisme dan isu korupsi yang dilakukan SBY untuk menarik simpati dari masyarakat.”

http://www.muslimdaily.net/berita/lokal/6226/munarmansby-manfaatkan-isu-terorisme-untuk-tarik-simpati-masyarakat

Dari penjelasan di atas maka sudah jelas bahwa ada konspirasi tingkat tinggi yang sedang dilancarkan oleh pihak asing. Kadang saya berpikir, apakah densus 88 bukan seorang muslim??apakah hatinya tidak bergolak ketika berulang kali menangkap sesama muslim bahkan menembak hingga meninggal???

Saya hanya berfikir mereka ingin membuat makar yang tujuannya ingin menghancurkan islam dari pemikirannya sehingga bisa jadi ini juga bentuk "ghazwul fikri". Namun saya yakin, sepintar-pintar mereka membuat makar, maka akan dihancurkan oleh Makar Allah subhanahu wata`ala. Semoga mereka mendapat balasan yang setimpal terhadap apa yang mereka lakukan.

waalahu `alam bisshowab.


Lanjut mbacanya gan...“Sekali lagi,"lelucon" yang dibuat oleh pemerintah dan kepolisian”  »»

TDL naik juga berdampak sistemik pada.......lalapan ayam!!!!

5 comments

Beberapa minggu lagi, kita akan bertemu kembali dengan bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan, diskon pahala gede2an (ngalah2in diskon belanjaan hehehe, yaitu bulan suci ROMADHON. Sudah semestinya semua umat muslim bersuka cita dengan datangnya bulan ini. Sehingga semua umat muslim bisa menyiapkan diri sebelum menghadapi bulan yang pasti dicintai semua umat muslim. Oleh karena itu rasulullah biasanya menyiapkan diri dengan memperbanyak puasa...(lho kok jadi ceramah??hehehe, kembali ke laptop dah....;))

Yup, kembali ke topik TDL di atas. Menjelang datangnya bulan ramadhan ternyata di pemerintah mengeluarkan kebijakan yang sangat “bijak” yaitu menaikkan Tarif Dasar Listrik atau disingkat TDL. Hal ini rupanya berdampak “sistemik” (niru-niru century :p) ke semua lini terutama sembako. Tentu saja ini akan dimanfaatkan oleh pedagang untuk menaikkan harga barang termasuk sembako. Apalagi keputusan ini dicetuskan saat mendekati bulan puasa. Lha wong ketika TDL ga naik, harga barang-barang tetep naik ketika menjelang romadhon, nah ini TDL naiknya malah ketika menjelang romadhon??haduh..haduh....
Mangkel??bisa jadi. Jengkel???pasti!!! tapi sebelum protes ada baiknya kita melihat kenapa pemerintah menaikkan TDL. Seperti yang diuraikan oleh Bu Ratni Ummu Jilan dalam artikelnya “TDL, Haruskah Naik”, Alasan dinaikkannya tarif listrik oleh pemerintah salah satunya adalah untuk menutupi kerugian yang dialami pihak PLN. Kerugian yang dialami PLN sendiri menurut Ir. Ahmad Daryoko, mantan Ketua SP PLN Pusat (Al Wai’e, No. 91 Tahun VIII, 1-31 Maret 2008) disebabkan oleh:
pertama, adanya kesenjangan antara biaya produksi dengan harga jual. Biaya produksi tinggi dimana bahan bakar untuk pembangkit-pembangkit listrik bersumber dari minyak. PLN membeli minyak ke Pertamina dengan harga komersial, bukan harga subsidi yaitu Rp 7000,- sampai Rp 7.500,- . Pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak, per-kwh-nya membutuhkan 1/3 liter minyak, atau membutuhkan sekitar Rp 2.300,-/liter untuk menghasilkan 1 kwh. PLN lalu menjualnya kepada konsumen hanya sebesar Rp 630,-/kwh. Belum biaya administrasi, offerhead, pemeliharaan, transmisi, distribusi, dan lain-lain.
Kedua, adanya inefisiensi ''sistemik''. Inefisiensi terjadi karena penggunaan pembangkit listrik berbahan bakar minyak yang sebenarnya bisa digantikan dengan pembangkit listrik berbahan bakar gas. PLN tahun 80-an sebenarnya sudah menyiapkan pembangkit berbahan gas yang bisa menghasilkan daya 7.500 megawatt. Namun upaya ini tidak bisa dilakukan karena terganjal regulasi minyak dan gas, gas sebagian besar diekspor ke luar negeri dan bukan untuk pasokan kebutuhan dalam negeri. Kalau pembangkit listrik dioperasikan dengan gas hanya membutuhkan biaya Rp 7 trilyun/tahun, sedangkan dengan minyak maka biayanya Rp 33 trilyun/tahun. Jadi inefisiensinya sebesar 26 trilyun/tahun.
Ketiga, masalah pada sumber daya manusia. Di PLN sendiri masih banyak ditemui perilaku dari SDM-nya yang tidak sesuai dengan aturan; seperti korupsi, mark up, manipulasi, dan lain-lain. Selain karena alasan PLN merugi, naiknya TDL juga disebabkan pemerintah telah mengurangi subsidi listrik yang tadinya direncanakan sebesar Rp. 56,1 trilyun menjadi Rp. 55,1 trilyun atau turun Rp. 1 trilyun. Kompensasi dari turunnya subsidi listrik ini adalah dengan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) tersebut. (www.kendarinews.com)
Dan parahnya lagi sudah TDL naik, eh di beberapa daerah misalnya Makasar, pasokan listrik juga tetep berkurang, artinya TDL naik tapi yo tetep aja sering mati. Nah lo....
Duh bapak-bapak dan ibu-ibu pemerintah, mbok yo mengerti kondisi rakyat kecil itu lho...kan kasihan kalo terus diberi kebijakan yang merugikan mereka.
Anyway, tahu gak, ternyata TDL naik ini juga berdampak sistemik pada harga lalapan ayam disamping kosanku. Parah wes, yang biasanya bayarnya Cuma 5000 doank, eh tadi 6000an. Untung aja aku bawa uang lebih, jadinya ga pake acara malu karena uangnya kurang heheheheh....
Jadi saking berpengaruhnya TDL naik ini, sampe-sampe lalapan ayam juga ikut2an naik. Fuhh....

sret

aku : pak tahu kan kalo TDL naik?
bapak : ya tahulah nak, wong bapakmu ini yo pegawai PLN
aku : kok bisa naik sih pak, kan kasihan masyarakat dan rakyat kecil...
bapak : ya ga tahu nak, bapakmu kan cuma pegawai...jadi juga rakyat kecil
aku : trus gimana pak?kan baran-barang pada naik harganya..
bapak : ya itulah nak...bapakmu ini juga bingung..
aku : bapak...bapak...kalo TDL naik, harga2 naik, trus uang bulananku juga naik ga pak??
bapak : GAK!!!

krik...krik...krik...

ciao.



Lanjut mbacanya gan...“TDL naik juga berdampak sistemik pada.......lalapan ayam!!!!”  »»

Talk Show dan Penggalangan dana Untuk Palestina

4 comments

Mungkin sebagian orang bosan dengan tema ini, atau ada yang berkomentar "ah, palestina lagi...palestina lagi...". Namun alhamdulillah hal itu tidak terjadi pada acara pra DM 2 yang ketiga KAMMI DAERAH MALANG yang dikemas menjadi talk show dan penggalangan dana untuk palestina. Acara yang mendatangkan ust. Dzikrullah (sebenarnya dengan Bu Santi,istrinya,namun berhalangan hadir karena sakit) dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai kampus, LDK, BEM semalang raya, dan tentunya juga kader KAMMI sendiri. Sungguh luar biasa karena estimasi peserta di awal hanya sekitar 50-80 orang saja namun diluar dugaan bisa mencapai 200 orang.


Pada acara ini ust. Dzikrullah sebagai pemateri menjabarkan perjalanannya mulai dari berangkat hingga "pertempuran" dengan israel ketika israel menyerang kapal yang berisikan bantuan kemanusiaan tersebut. Dan beliau juga menunjukkan video yang memperlihatkan kekejaman israel dan juga sebagai bukti otentik bahwa yahudi israel memang "ketakutan" dengan kapal mavi marmara tersebut. Bayangkan saja 6 kapal yang didalamnya ada relawan, dokter, aktivis, anggota parlemen dan berisikan mainan anak-anak, obat-obatan, bahan bangunan dan SAMA SEKALI TIDAK BERSENJATA dikepung oleh 30 kapal boat tentara israel dengan per kapal ada 12 orang tentara israel bersenjatakan lengkap, beberapa kapal selam dan juga 3 helikopter. Sang ustadz juga memperlihatkan foto-foto ketika diserang, kebiadaban israel terhadap palestina.
Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan dana yang telah dikumpulkan dari penggalangan dana. Dana tersebut diserahkan langsung secara simbolik oleh Akh Nana Azis (Ketumda KAMMI DAERAH MALANG) kepada ustdz. Dzikrullah.

Sungguh Acara ini menggugahku bahwa apa yang terjadi di palestina dan israel bukan semata-mata penjajahan belaka namun memang ada indikasi untuk melakukan genocide terhadap warga palestina. Dan satu-satunya alasan kenapa mereka merebut tanah palestina adalah karena hal hal tersebut telah disebutkan di dalam kitab Talmud. Jadi ini bukan sekedar penjajahan namun perang ideologis. Hal lain yang membuatku kagum adalah ketawakalan ustadz Dzikrullah. Masih terngiang di kepalaku perkataan beliau yang mana kurang lebih seperti ini " ingat bahwa gagalnya kapal Mavi Marmara mendarat di Gaza dan tertangkapnya para relawan yang hidup dan juga syahidnya beberapa relawan lain itu merupakan takdir Allah dan PASTI ADA KEBAIKAN disana". Dan benar saja, setelah ini beliau menuturkan akan ada banyak kapal yang akan berangkat kembali ke Palestina. Subhanallah....Allahhuakbar.....
Aku jadi teringat sebuah hadits yang menyatakan bahwa
"Laa Yu`minu ahadukum hatta yuhibba li akhihi ma yuhibba linafsihi" yang artinya:
"TIdak sempuran Iman seseorang hingga di mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya".

Jadi bisa disimpulkan jika kita tidak peduli dengan palestina maka sama saja tidak peduli dengan hadits nabi. Dan jika sudah tidak peduli dengan hadits nabi, lalu apa yang akan dijadikan pijakan untuk mengarungi samudra kehidupan di dunia ini???

Allahumma unsur mujahidiina fil filistin khususon fil ghazza
Allahumma unsur mujahidiina fil iraq, wa fil afghanistan, wa fi syisyan wa fi kulli makan wa fi kulli zaman

Amin.....

Lanjut mbacanya gan...“Talk Show dan Penggalangan dana Untuk Palestina”  »»

Tokoh JIL Internasional -Nasr Abu Zaid- Meninggal Dunia

2 comments

Pemikir kontroversial Mesir dan profesor Studi Arab sekaligus murtaddin, Nasr Hamid Abu Zaid, Senin pagi kemarin (5/7) meninggal di sebuah rumah sakit Kairo akibat serangan virus yang dijelaskan oleh para dokter sebagai penyakit yang "jarang dan langka."

Setelah 15 tahun dalam pengasingan di Belanda, Abu Zayd, yang lahir pada tahun 1943, kembali ke Mesir setelah menderita penyakit yang dokter gagal mendiagnosa penyakitnya.

Dia dirawat di sebuah rumah sakit di Kairo dan kondisinya digambarkan sebagai "parah namun stabil", demikian dikatakan istrinya Ibtihal Yunis, seorang profesor Prancis di Universitas Kairo.

Sejak ia kembali ke Mesir, Abu Zaid tinggal di unit perawatan intensif dan ia diharapkan menjadi lebih baik dalam beberapa pekan. Tidak ada pengunjung yang diizinkan untuk melihatnya.

Pada tahun 1992, Abu Zaid, yang menjadi asisten profesor di Universitas Kairo Departemen Arab Bahasa dan Sastra, ditolak promosi untuk menjadi profesor karena penelitiannya yang kontroversial tentang Islam, di mana ia berpendapat bahwa Al-Quran adalah sastra serta teks agama atau apa yang dikenal sebagai "hermeneutika humanistik Quran."

Pada tahun 1993, ia divonis murtad oleh para ulama Islam khususnya Al-Azhar dan menikah dengan Yunis yang secara resmi pernikahannya itu dibatalkan oleh pengadilan keluarga Mesir dengan alasan bahwa seorang wanita Muslim tidak bisa menikah dengan orang yang sesat dan murtad.

Dua tahun setelah putusan ulama dan pengadilan, Abu Zaid membawa Yunis dan berangkat ke Belanda di mana dia tinggal sampai akhirnya dia jatuh sakit.

Di antara karya Abu Zaid yang dianggap terbaik oleh kalangan pemujanya berjudul "The Founding of Medieval Ideology and A Critique of Religious Discourse" (Pendirian Ideologi Abad Pertengahan dan Kritik Wacana Keagamaan.)

Buku-bukunya telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa termasuk Jerman, Prancis, Belanda dan Turki. Dia juga menulis dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Nasr Abu Zaid sangat dikagumi oleh kelompok JIL Indonesia, pemikiran-pemikiran sesatnya dianggap progresif bagi kalangan sealiran dengan Ulil Abshar dan kroni-kroninya. Dan beginilah akhir hidup tokoh sesat yang di vonis murtad oleh Ulama Al-Azhar, sakit tapi tidak diketahui sakitnya apa dan sudah mati sebelum ajalnya dicabut.

Apakah tokoh-tokoh JIL Indonesia diakhir hayatnya akan menemui nasib seperti idola mereka Nasr Abu Zaid?

diambil dari muslimdaily.net


Lanjut mbacanya gan...“Tokoh JIL Internasional -Nasr Abu Zaid- Meninggal Dunia”  »»

Pakistan Blokir Facebook Karena Pemuatan Kartun Nabi

6 comments

Pengadilan Pakistan Rabu memerintahkan pihak berwenang untuk memblokir Facebook di negara tersebut karena adanya posting karikatur nabi di situs jejaring sosial tersebut.

Dorongan pemblokiran tersebut justru datang dari para pengguna facebook di Pakistan. Ribuan anggota situs jejaring sosial itu telah meluncurkan sebuah kampanye online menuntut pemboikotan Facebook karena pemuatan gambar yang menghina umat Islam tersebut.

Penggambaran wujud nabi dalam bentuk apapun sangat dilarang dalam Islam karena juga merupakan wujud penghinaan atas agama dan Allah. Sebelumnya pada tahun 2006 lalu, umat Islam di seluruh dunia secara serempak menggelar protes atas penerbitan kartun yang menghina Nabi Muhammad SAW oleh harian Denmark.

Sekitar 50 orang meninggal dalam protes yang berujung pada tindak kekerasan di negara-negara Muslim pada tahun 2006 atas kartun culas tersebut, lima di antaranya di Pakistan.

Al-Qaida mengaku bertanggung jawab atas serangan bom di kedutaan Denmark di Islamabad pada tahun 2008, yang menewaskan enam orang, dan mengatakan itu sebagai balasan atas penerbitan karikatur.

Seorang pengguna Facebook membuat akun yang diberi nama "Hari Melukis Muhammad," mengundang orang untuk mengirimkan karikatur Nabi Muhammad versi mereka pada yanggal 20 Mei esok.

Hakim Sajjad Chaudhry dari Pengadilan Tinggi Lahore meminta Pakistan Telekomunikasi Authority (PTA) untuk memblok situs hingga 31 Mei, setelah sekelompok pengacara meminta petisi dari pengadilan.

Seorang jurubicara PTA mengatakan bahwa pihaknya akan bergerak untuk melaksanakan larangan setelah adanya perintah yang dikeluarkan oleh departemen teknologi informasi.

"Kita akan melaksanakan perintah secepatnya setelah kita mendapatkan instruksi," kata Khurram Mehran kepada AFP.

"Kita telah memblokir link URL dan mengeluarkan instruksi kepadak penyedia layanan Internet kemarin," katanya.

Namun, sejumlah pengguna facebook mengatakan kepada AFP bahwa mereka masih dapat mengakses Facebook pada hari Rabu.

diambil dari www.muslimdaily.net

"kalo pakistan sudah memulai, bagaimana dengan indonesia yang mayoritas penduduknya ada muslim??we will see...
Lanjut mbacanya gan...“Pakistan Blokir Facebook Karena Pemuatan Kartun Nabi”  »»

Try Out ke UAD

2 comments

Hari ini aku sudah berada di UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Yogyakarta.Yah..karena ada kegiatan try out, semacam latih tanding dan studi banding, antara perguruan tinggi yang berada di jawa timur (kali ini diwakili oleh UNESA,UB, UM, UMM)dan perguruan tinggi yang berada di jawa tengah (diwakili oleh UAD,UGM,UNS,UMS)...



itung-itung juga jalan2 ke yogyakarta, dan sekarang ini aku postingnya juga lewat komputer di UAD (wih ternyata di UAD ada komputer-komputer yang sudah disediakan kampus yang itu diletakkan di lobi yang sudah dilengkapi dengan koneksi internet hehehe, lumayan internetan gratis...).yang jelas targetnya adalah bisa merasakan makanan khas yogyakarta selain gudeg hehehe.....

ok, ikuti kisah perjalananku di yogyakarta....

salam tapak suci!!!!

ciao.
Lanjut mbacanya gan...“Try Out ke UAD”  »»

My Trip : Road 2 Tulungagung (kisah menjadi panitia walimah dadakan)

9 comments

akhirnya, jari ini kembali menari diatas keybord(emang gimana kalo jari ini nari???)padahal sebenarnya udah dari duuuluuuu pengen posting perjalananku ke tulung agung.Dengan persiapan seadanya karena memang dikasih tahunya mendadak, eh pas berangkat ditinggal ma temen2 naik kereta soale aku telat ke stasiunnya....hahay
akhirnya dengan secepat kilat, perjalananku aku ubah menuju terminal arjosari demi memnuhi amanah seorang mbak sebut saja namanya chusna hehe (itu mah nama aslinya...)
perjalananku tidak seberapa menarik ketika berangkat menuju tulung agung. Sampainya di Terminal Tulung Agung aku naik becak menuju rumah mbak chusna. yang menarik adalah selama perjalanan menuju rumah mabj chusna, sang pengendara becak ini bercerita panjang lebar mengenai kehidupannya. Awal mula terpancing karena bliau bilang yang intinya ga mau bohongin penumpang yang bukan asli tulung agung karena takut kerjanya tidak berkah...subhanallaah...mudah mudahan allah memberikan banyak rizki kepada beliau...amin....

singkat cerita, aku ga ikut begadang nyiapin "panggung pelaminan"nya coz selain ga ngerti mau diapain tuh bunga, aku sendiri udah capek karena perjalanan berangkat ke tulung agung. dan akhirnya acara akad+walimah berlangsung lancar.

Nah yang paling mengesankan dan menyebalkan adalah perjalanan pulang ke malang. Karena memang hari minggu, setelah liburan bberapa hari lagi, jadi banyak penumpang yang mau balik ke malang dan surabaya. Awal naik memang sudah sesak.Apalgi aku bawa tas ranselku yang memang lumayan besar,tripod,dan handycam. duh jadi ribet mau gerak kemana-mana.hingga nyampe blitar aku yang awalnya berdiri di depan pintu akhirnya terdesak hingga ke ruang tengah gerbong. PUANAS+haus+berkeringat+pegel+capek sudah menjadi satu karena tiap berhenti di stasiun,bukannya tambah longgar, namun tambah sesak. Tapi alhamdulillah temen2 akhwat yang satu rombongan tidak berdiri. sekalipun begitu ada aja yang ditengah kondisi panas dan haus ada seorang akhwat sms aku "afwan akh,barusan ketiduran"...
sejenak aku membaca sms itu (suasana menjadi hening,hanya detak jam yang terdengar...tik,,tak,,tik,,tak,, hehehe), bisa2nya dia ketiduran....huff....

nyampe dimalang akhirnya bener2 langsung pulang,mandi dan tidur,,
hahaha.....benar2 pengalaman jadi panitia walimah pertama kali, namun pengalamannya sudah luar biasa hahaha
nih foto2 yang sempat diabadikan....
 


                                      foto bareng pengantinnya nih,hayo,sapa yang mau nyusul??
                                                                  trio ikhwan berbunga....
                                        foto bareng mas idris....hayo siapa yang paling ganteng??
                                  ni perjalanan sebelum pulang...sebelum tersiksa di kereta hahaha
ikuti perjalananku berikutnya,,,......


ciao.

Lanjut mbacanya gan...“My Trip : Road 2 Tulungagung (kisah menjadi panitia walimah dadakan)”  »»

Sahabat kok ngasih PR??!!

5 comments

beberapa hari yang lalu,aku membaca sebuah postingan dari Oyen bahwa dia di kasih PR hahaha, Bu guru kok dikasih PR??lha baru aja aku baca postingan kakak tingkatku eh juga dapet pertanyaan yang sama juga, parahnya lagi dia malah nyebarin pertanyaan itu ke "sahabat2"nya termasuk aku ........
tapi ga po2 lah...itung2 ada yang bisa buat aku posting hehehe biar ga diledekin blognya sepi kayak kuburan hahaha(mudah2an mbah jiwo ga mbaca wkwkwkwk)
Nah ini nih pertanyaanya sekalian ma jawabnnya.....

1.Siapakah diri anda dirumah?
siapa ya??aku ya anaknya ibu dan bapakku..adik dari kakakku dan kakak dari adikku :D
2.Siapakah diri Anda disamping rekan ?
hmmmm.....rekan ini siapa ya???uakeh he....tapi katanya temenku sih aku ini baik, tidak sombong dan rajin menabung....:p
3.Lima benda yg anda idamkan tp belum dicapai ?
wah kok cuma lima ya??kenapa ga 10???hahaha
5 barang yang aku idam idamkan adalah.....
- koneksi internet tanpa bataas hahahahaha
- sepeda motor gede (sebangsa harley,tiger,ninja dan kawan2nya)
- Laptop dengan kecepatan proses super cepat melebihi kecepatan komputer server
- rumah idaman di daerah yang penuh dengan tumbuh2an yang asri
- perusahaan IT dan restoran makanan

4.Siapa nama orang yang paling penting bagi anda ?
kabeh penting....terutama....(top secret hehehe)

5.Sebutkan blogger favorit anda dan alasannya ?
wah kalo favorit siapa ya??semua kayaknya..cuma memang ada bebrapa blog yang setiap buka internet yang pertama kali selalu saya pengen baca postingan terbarunya adalah mbah jiwo , oyen ,bunda pelangi tapi juga yang lain aku tunggu juga postingan terbarunya...

6.Kapan anda Nikah ?
R.A.H.A.S.I.A
7.Kenangan Pahit dengan pasangan anda ?
R.A.H.A.S.I.A (emang punya???hehehe)
8.Lagu cinta tema anda ?
wew, apa ya????
9.Apa prinsip hidup anda ?
HANYA ADA DUA PILIHAN,JALAN ALLAH ATAU KEHINAAN!!!!
10.Tag 10 rekan anda yang lain
wah ini...yang berat...siapa aja ya???
-bunda pelangi
-mbak asri
-mbah jiwo

wes lah..itu dulu...laptope udah ditngguin ma temen.....no 10 ngutang dulu gan hahaha
Lanjut mbacanya gan...“Sahabat kok ngasih PR??!!”  »»

Jika Orang Buta bicara

8 comments

hmmm....akhirnya keturutan juga nulis lagi di blog soale dari kemaren cuma ngempet ide aja di hardisk super canggih yang bisa menyimpan berjuta2 teragiga byte data (baca : otak hehehehe) dan akhirnya setelah hari ini bisa blogwalking lagi..semangat untuk menuliskannya muncul lagi hehehe

ini sebenarnya terinsipirasi dari kejengkelanku terhadap orang2 yang ga begitu memahami islam,namun dia berbicara seolah2 paling ngerti tentang islam.dan judul tulisan ini pun mengambil kata2 dari bukunya Asy-Syahid Imam Samudra yang berjudul "Aku Melawan Teroris".....apaan sih tuh maksudnya???


pernahkah terlintas dalam pikiran kita apa yang terjadi seandainya 3 orang yang dia buta dihadapkan pada seekor gajah. orang yang pertama disuruh memegang telinga gajah, orang yang kedua disuruh memegang ekor gajah, dan orang yang ketiga disuruh memegang perut gajah. lalu ketiga orang tersebut dberi pertanyaan yang sama " yang kalian pegang adalah gajah. lalu bagaimana pendapat kalian tentang gajah?"
lalu orang yang pertama menjawab "hmmmm....gajah itu lebar dan besar..". giliran orang kedua yang ditanya maka dia menjawab " bukan...gajah itu ya...panjang dan kecil lalu ada rambutnya diujungnya..kamu salah (menyalahkan orang pertama)!". Dan ketika orang ketiga ditanya maka dia menjawab "kalian semua salah. yang namanya gajah itu ya bulet besar dan kulitnya kasar....!!".Tahukah kita kenapa mereka menjawab seperti itu???karena mereka tidak mengetahui gajah secara utuh, mereka hanya disuruh memegang sebagian dari gajah tersebut, namun ketika ditanya seolah2 mereka yang paling tahu bagaimana bentuk seekor gajah.

Yah, mungkin perumpamaan ini lah yang terjadi dan menjadi fenomena dalam masyarakat. Banyak masyarakat kita yang masih belum memahami bagaimana ajaran islam tapi ketika mengomentari sesuatu yang berhubungan dengan islam (contoh kasus asy-syahid amrozi,dan yang baru2 ini asy_syahid dulmatin).Adalah yang mengatakan mereka teroris, ada lah yang mengatakan bahwa da`wah itu harus sabar (herannya lagi mereka selalu memberi contoh ketika rasulullah tetap sabar dalam hinaan, siksaan orang kafir quraisy) dll. seolah mereka paling tahu bagaimana islam. aku tidak bermaskud mengatakan bahwa mereka itu yang paling tahu, namun minimal janganlah kkita langsung menjudge mereka dengan stigma negatif. Bisa jadi memang ijtihad mereka berbeda dengan kebanyakan orang, namun mereka tetaplah saudara kita seiman dan seaqidah.

dan Yang lebih ironi lagi, kita lebih senang menggunakan istilah2 amerika kafir laknatullah yang menyebutkan mereka adalah teroris dhttp://i370.photobucket.com/albums/oo148/millgens/salahpaham2.jpgari pada menyebut mereka seorang mujahid. Rasulullah pun tidak pernah menyalahkan orang yang salah dalam ijtihadnya. Dalam suatu hadits dinyatakan bahwa jika seseorang berijtihad lalu ternyata ijtihadnya benar maka dia diberi pahala 2 sedangkan jika salah maka diberi pahala 1. Kita lihat adakah kata2 rasulullah yang menyalahkan orang yang salah berijtihad??sekali lagi aku tidak bermaksud mengatakan bahwa ijtihad merka benar, namun rasulullah bisa mendudukan permasalahan ijtihad secara proporsional.

Mudah2an kita tidak termasuk dari orang2 yang seolah2 paling tahu sehingga kita tidak disebut menjadi orang yang SOK TAHU!!!

Lanjut mbacanya gan...“Jika Orang Buta bicara”  »»