Cara Cepat menghafal al`quran ala rijal (mantan anak pesantren-an)



Menghafal alquran 30 juz??hmmm….siapa yang tidak mau???kalo orang islam pasti kepingin sekalipun keinginan itu Cuma ada di angan-angan di atas awan (hehe…maksude ga nyampe ke otak, makanya ga keturutan terus). Namun tidak banyak orang tahu bahwa menghafal al-quran itu nikmatnya ruarrr biasa. Tidak banyak orang tahu bahwa menghafal satu ayat Al-Quran itu lebih lebih mudah bahkan dari pada menghafal satu kalimat bahasa Indonesia atau bahasa inggris (mboh maneh kalo yang dihapal surat albaqarah ayat 282, ayat tentang hutang dan aku nobatkan sebagai ayat terpanjang hehehe)….
Nah, sebenarnya banyak yang bisa dilakukan untuk bisa menghafal dengan cepat.

Mulai dari niru caranya dukun (lho??) sampe niru caranya yang udah pengalaman menghafal al-Quran.
Nih ada beberapa versi cara menghafal dengan cepat :
Versi mbah dukun :
- Tentukan halaman mana yang akan dihapalkan
- Sobek dan sisihkan
- Sediakan segelas air putih dan korek api
- Bakar halaman yang sudah disobek tadi, masukkan ke dalam air putih
- Aduk dan diminum….
Nb : cara ini sangat tidak RECOMMENDED oleh penulis karena dijamin tidak akan hapal malah yang ada mabook…hahahha
Nih versinya http://layananquran.com :
Pertama, Bacalah ayat pertama 20 kali
Kedua, Bacalah ayat kedua20 kali
Ketiga, Bacalah ayat ketiga 20 kali
Keempat, Bacalah ayat keempat 20 kali
Kelima, Kemudian membaca 4ayat diatas dari awal hingga akhir menggabungkannya sebanyak 20 kali.
Keenam, Bacalah ayat kelima 20 kali
Ketujuh, Bacalah ayat keenam 20 kali
Kedelapan, Bacalah ayat ketujuh 20 kali
Kesembilan, Bacalah ayat kedelapan 20 kali
Kesebelas, Kemudian membaca ayat ke 5 hingga ayat ke 8 untuk menggabungkannya sebanyak 20 kali.
Keduabelas, Bacalahayat ke 1 hingga ayat ke 8 sebanyak 20 kali untuk memantapkan hafalannya.
Demikian seterusnya hingga selesai seluruh al Quran, dan jangan sampai menghafal dalam sehari lebih dari seperdelapan juz, agar tidak berat bagi anda untuk mengulang dan menjaganya.
Nb: konon ini juga ngutip dari buku Cara cepat menghafal Al-Quran karya Dr. Abdul Muhsin Al Qasim (Imam dan Khatib Masjid Nabawi)

Nah ini versi ku dewe J
- Harus diawali dengan niat yang sungguh2 untuk menghafal alquran
- Pilih waktu yang tepat : bisa sepertiga malam, atau habis subuh atau habis magrib
- Diotak kita harus sudah ter sugesti bahwa kita bisa menghafal al quran, kalo perlu ngundang romi Rafael hahaha
- Kalo tadi satu ayat dibaca 20 kali, kalo versiku satu ayat (jika agak panjang) dibagi menjadi beberapa bagian.
- Baca satu bagian 10x, bagian yang kedua 10x, n bagian 10x.
- Lalu setelah semua bagian dibaca maka baca satu ayat penuh 20 kali.
- Harus ada orang yang menjadi tempat untuk menyetorkan hafalan kita, biar ada yang mengontrol
- Hafalan itu bagaikan kuda yang diikat di suatu pohon dan tidak dijaga, maka akibatnya akan cepat kabur. Begitu juga dengan hafalan yang bisa cepat hilang kalo tidak diulanngi terus menerus.
Nah itu rumusan hafalan sederhana saya…….hehehehe….
Moga2 bermanfaat dan banyak yang ndaftar jadi murid di sekolah bintang hehehe

11 comments:

mbah jiwo mbah paling gaul mengatakan...

mntaf.
mana tulisan versi semi resminya...???

admin mengatakan...

hehehe,,,,,
sek mbah,laptop ane masih tahap perbaikan...
nek ga pake laptop dewe rasane ga merem eh salah, ga marem xixixixi

mbah jiwo mengatakan...

jal, ada award buat blog ini...ada di blogku...terimalah...^_^

najwazuhur mengatakan...

Eeemmmmm . . . Bang Rijal, bagaimana meminimalisir kejelekan dari sistm menghafal kita. Terkadang kita hafal tapi melupakan artinya (sekedar fasih menghafal) ??? Terimakasih . . .

admin mengatakan...

hmmm.....kejelekan???kejelekan seperti apa???
menurutku menghafal tanpa artinya bukan berarti jelek. bisa jadi memang kemampuannya tidak bisa menghafal langsung ayat dan artinya. tidak masalah kok. hafalkan saja dulu ayatnya.setelah target hafalan sudah diraih, baru hafalkan artinya.
namun disisi lain bahwa mengerti artinya terlebih mengerti bahasa arab akan semakin mempermudah kita dalam menghafal al-quran.
soale menurutku lebih susah menghafal dari pada mengartikan hehehe

waalahu a`lam bishowab

najwazuhur mengatakan...

Y, yg saya maksudkan y itu Bang. Bisa lancar hafal tapi kalo'ngak tau arti and maknanya gimana ??? Bagaimana mengatasi kelemahan seperti itu ???

oen mengatakan...

metode n niat emang sama2 pentingnya ya jal, nice info jal

admin mengatakan...

@ najwazuhur
sekali saya katakan menurut saya tidak apa2 untuk diawal.karena menurut saya ketika orang ikhlas menghafal alquran maka ketika dia sudah menghafal alquran maka secara otomatis ada yang kurang jika tidak mengerti artinya....jadi dia juga mempelajari artinya....

kalo mengafal ayat sekaligus arti bisa saja asal mampu.contoh dia baca ayat beberapa kali sekaligus artinya.ato bahkan dia mengartikan perkata itu lebih bagus (sekali lagi kalo mampu).jadi bisa langsung menghafal ayat sekaligus artinya.dan kata ustadz saya dulu waktu dipesantren menghafal arti akan sangat membantu ketika murojaah hafalan....

@ oen
betul mas.niat yang baik harus juga disertai dengan cara yang baik hehehe
kalo niatnya udah baik,maka harus cari metode yang baik untuk merealisasikan niat baik itu....

mbah jiwo mengatakan...

jadi kapan tulisan editannya jadi?? bosen ah nunggunya...

najwazuhur mengatakan...

Ok, terimakasih banyak penjelasannya . . . Semangat menghafal . . .

jaka mengatakan...

tips yg sangat menarik.
selain menghapal dg cara tsb, mengkonsumsi nutrisi otak juga penting.
seperti makanan/minuman yg mengandung omega 3, pegagan, ginko giloba, dll.

salam kenal, jika ada wkt silahkan mampir ke blog saya ya?
http://menguatkan-ingatan.blogspot.com

thanks,

Poskan Komentar

cyber berkata........