TAhUn BAru HIjriyah


Tak terasa sampai saat ini ane telah bertemu dengan tahun baru hijriyah kembali. Pergantian tahun ini bisa diartikan pergantian semangat, harapan, rencana dan lain-lain. Tentu saja pergantian ini mengarah ke arah yang lebih baik. Semangat yang lebih baru, Harapan yang leih baru, rencana yang baru pula. Yang jelas setiap pergantian waktu merupakan momentum untuk mengevaluasi diri kita, apa saja yang telah kita lakukan selama satu tahun kemaren.

namun disetiap moment tahun baru hijriyah ini-yang merupakan tahun baru secara penanggalan islam-ada fenomena yang menarik tapi juga sedikit menyedihkan. ternyata banyak diantara kaum muslimin tidak mengaggap ini merupakan mometum yang penting. dan tentu saja moment tahun baru ini kalah dengan tahun baru kalendar masehi yang mana dirayakan secara besar2an dan ditunggu banyak orang. dan yang melakukan itu juga banyak dari kaum muslimin.padahal tahun baru hijiyah ini adalah tahun kemenangan umat islam dalam suatu peperangan pada zaman rasulullah.

memang sih tidak perlu ada perayaan atau yang bersifat hura-hura, namun respon masyarakat yang mayoritas islam pun biasa2 saja. Mungkin hanya segelintir orang yang menjadikan moment ini merupakan moment yang penting.

yah...mudah2an pada tahun baru ini, banyak memberikan kemenangan bagi dakwah ini.amieenn.